Jangan Sembarangan, Ini dia Bunga Hidup yang Cocok untuk Ruang Tamu

Menambahkan suasana segar pada ruang tamu tentu langkah yang sangat tepat, agar para tamu betah berlama-lama di rumah. Salah satu langkah untuk menghadirkan suasana segar tersebut adalah menambahkan bunga hidup untuk ruang tamu. Namun bukan sembarang bunga hidup, karena tidak semua bunga atau tanaman hidup tampil cukup estetik di ruang tamu.

Rekomendasi Bunga Hidup untuk Ruang Tamu

Tanaman hias tidak selalu berbunga, ada yang hanya memiliki daun namun bentuk dan warnanya cantik. Tanaman seperti ini cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan, termasuk di ruang tamu. Berikut beberapa rekomendasi terbaiknya:

  • Tanaman Sukulen

Rekomendasi pertama adalah tanaman sukulen, yang masih satu keluarga dengan kaktus namun minim, bahkan ada yang tidak berduri sama sekali. Sehingga penempatannya di ruang tamu tidak akan berbahaya ketika ada anak kecil di rumah. Jenis sukulen sendiri sangat banyak dan rata-rata memiliki penampakan fisik yang cantik, sehingga selalu memaksimalkan dekorasi di ruang tamu.

  • Peperomia

Peperomia yang sekilas mirip dengan tanaman sirih gading namun punya bentuk daun yang bulat di ujungnya, juga cocok dijadikan pilihan. Tanaman ini bisa ditaruh di dalam ruangan dan tidak harus disiram setiap hari karena karakternya mirip sukulen. Jenisnya banyak, dan beberapa punya motif daun yang cantik misalnya peperomia watermelon atau peperomia semangka.

  • Sirih Gading

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman satu ini? Sirih gading adalah tanaman yang sangat diminati untuk ditempatkan di dalam ruangan. Daunnya yang menjuntai dan berukuran minimalis sangat cocok ditempatkan di ruang tamu. Ditambah lagi, tanaman ini memiliki kemampuan membersihkan udara. Sehingga menjadi bunga hidup untuk ruang tamu yang wajib untuk dipertimbangkan.

Selain cantik, jenisnya juga beragam, ada sirih gading silver, sirih gading lemon, sirih gading varigata, dan sebagainya. Silahkan memilih yang dirasa disukai dan taruh di ruang tamu untuk memberi sentuhan segar sekaligus estetik.

  • Lidah Mertua

Satu lagi tanaman sepanjang masa yang cocok ditaruh di ruang tamu, yakni sansevieria alias lidah mertua. Jenis lidah mertua pun cukup beragam. Beberapa bisa tumbuh tinggi dan beberapa lagi tumbuh secara minimalis yang cocok ditaruh di sekat pemisah ruangan di ruang tamu.

Meskipun hanya daun kehijauan dan kaku, namun tanaman ini mampu memiliki kesan cantik tersendiri. Sehingga menjadi pilihan yang banyak diminati dan tentunya tepat untuk dipertimbangkan.

  • Monstera

Monstera juga menjadi bunga hidup untuk ruang tamu yang tepat untuk dipilih. Meskipun harganya lumayan, namun memang super cantik dan cocok ditempatkan di dalam ruangan karena termasuk tanaman indoor. Jenisnya sendiri juga sangat banyak, dan janda bolong termasuk di dalamnya.

Silahkan memilih jenis monstera yang disukai, dan taruh di salah satu sudut ruang tamu. Misalnya di sudut kursi, yang akan membuat ruangan lebih segar sekaligus tampak elegan. Mengingat tanaman ini masih dikenal sebagai tanaman para sultan.

Tips Menambahkan Bunga Hidup di Ruangan

Menambahkan  bunga hidup untuk ruang tamu memang langkah tepat, dan tentunya bisa mempertimbangkan rekomendasi di atas. Supaya lebih estetik lagi ternyata ada tips tambahan yang perlu diperhatikan. Yaitu:

  • Selalu memilih tanaman indoor yang cenderung bisa tumbuh dengan baik meskipun jarang terkena sinar matahari.
  • Letakan tanaman secukupnya, sebab menambahkan tanaman pada ruangan tujuannya untuk estetika dan bukannya untuk menciptakan “hutan” di dalam rumah.
  • Gunakan pot yang cantik dan sebaiknya berlapis, sehingga pot paling luar tidak kotor oleh media tanam.
  • Pilih tanaman yang disukai supaya merasa puas sudah menambahkannya di interior ruangan.

Melalui tips di atas maka dijamin penambahan bunga hidup untuk ruang tamu akan memberi kepuasan tersendiri. Jadi silahkan diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *